Selengkapnya di http://pestacarolgabe.blogspot.com Cara Membuat Menu Horizontal Pada Blogspot Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial

Jumat, 15 Oktober 2010

manfaat geothermal

2.3. Pemanfaatan Energi Geothermal
Pemanfaatan energi panas bumi secara umum dapat dibagi menjadi 2 jenis



2.3.1. Pemanfaatan secara tidak langsung
Pemanfaatan tidak langsung yaitu memanfaatkan energi panas bumi untuk pembangkit listrik. Air dan uap panas yang keluar ke permukaan bumi dapat dimanfaatkan secara langsung sebagai pemanas. Selain bermanfaat sebagai pemanas, panas bumi dapat dimanfaatkan sebagai tenaga pembangkit listrik. Air panas alami bila bercampur dengan udara akan menimbulkan uap panas (steam). Air panas dan uap inilah yang kemudian dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit tenaga listrik. Agar panas bumi dapat dikonversi menjadi energi listrik maka diperlukan pembangkit (power plants).
Reservoir panas bumi biasanya diklasifikasikan ke dalam dua golongan yaitu yang bersuhu rendah (<150ºC) dan yang bersuhu tinggi (>150ºC). Yang dapat digunakan untuk sumber pembangkit tenaga listrik dan dikomersialkan adalah yang masuk kategori high temperature. Namun dengan perkembangan teknologi, sumber panas bumi dengan kategori low temperature juga dapat digunakan asalkan suhunya melebihi 50ºC. Pembangkit listrik dari panas bumi dapat beroperasi pada suhu yang relatif rendah yaitu berkisar antara 50 s/d 250ºC.

A. Pemanfaatan Geothermal Bersuhu Tinggi
Geothermal temperatur tinggi, menghasilkan Listrik. Bila sumber geothermal terletak dekat dengan permukaan bumi, kita bisa mencapainya dengan sumur bor. Beberapa sumur kedalamannya mencapai lebih dari dua miles. Sumur-sumur eksplorasi adalah di bor untuk mencapai reservoir. Bila salah satu reservoir sudah ditemukan maka dapat di lakukan pengeboran.sumur produksi. Air panas dan uap dengan temperatur 250 sampai dengan 700 oF digunakan untuk memutar turbin ke generator listrik.


Teknologi-teknologi yang digunakan dalam pembangkit listrik geotermal:
 Dry steam power plant
Pembangkit tipe ini adalah pembangkit listrik geotermal yang pertama kali ada. Reservoir uap ‘kering’ menghasilkan uap tapi sangat sedikit air. Uap dialirkan pada pipa secara langsung ke dalam pembangkit tenaga uap kering untuk menyediakan gaya untuk memutar generator turbin. Sisa panas yang datang dari production well dialirkan kembali ke dalam reservoir melalui injection well.

1 komentar:

  1. Mr Green's Casino Review 2021: How to earn more
    This bonus works for a first deposit of at least £10. 화성 출장마사지 First, you must 양주 출장안마 wager £10 and place 군포 출장안마 qualifying bets on 하남 출장마사지 a selection 안성 출장샵 of games,

    BalasHapus